Manajemen Strategis dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam: Solusi Penguatan Mutu di Era Disrupsi

Authors

  • Kuntum Khaira A.M Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v3i2.142

Keywords:

Manajemen Strategis, Daya Saing, Lembaga Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan, Era Disrupsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran manajemen strategis dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan Islam di era disrupsi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah berbagai sumber ilmiah terkini dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Islam yang mengimplementasikan manajemen strategis secara sistematis dan adaptif menunjukkan peningkatan dalam mutu tata kelola, relevansi kurikulum, serta inovasi pembelajaran. Penerapan visi dan misi yang dirumuskan secara partisipatif, integrasi teknologi digital dalam proses manajerial, serta penguatan kolaborasi dengan berbagai pihak menjadi kunci dalam meningkatkan posisi kompetitif lembaga. Studi ini juga menyoroti pentingnya kepemimpinan visioner dan penggunaan alat ukur kinerja seperti balanced scorecard dalam memantau implementasi strategi. Di tengah tantangan global dan disrupsi teknologi, manajemen strategis menjadi kerangka kerja yang menyatukan arah, nilai, dan praktik manajerial yang efektif. Temuan ini memberikan kontribusi konseptual dalam pengembangan kebijakan pendidikan Islam serta mendorong transformasi kelembagaan yang lebih inovatif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Khaira A.M, K. (2025). Manajemen Strategis dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam: Solusi Penguatan Mutu di Era Disrupsi. Journal of Information System and Education Development, 3(2), 53–55. https://doi.org/10.62386/jised.v3i2.142