Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa

Penulis

  • Sundut Azhari Hasibuan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia
  • Nur Hamida Hasibuan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia
  • Ali Canra Pulungan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v3i3.155

Kata Kunci:

Mathematical critical thinking, Team Games Tournament, cooperative learning model, skill, solving problem

Abstrak

The purpose of this study was to improve the mathematical critical thinking ability of students in class VIII-2 SMP Negeri 1 Sosa by using the Team Games Tournament type cooperative learning model. Based on the results of the mathematical critical thinking ability test given to students, the number of students who completed the initial observation was 3 people, cycle I was 16 people, and cycle II was 23 out of 26 students. While the percentage of classical completeness in the initial observation was 11.54%, cycle I was 61.54%, and cycle II was 88.46%. The increase in the percentage of classical completeness was 76.92%. In addition, for each indicator of students' mathematical critical thinking ability, the percentage of mastery of the indicator of mathematical critical thinking ability was 76.92%. In addition, for each indicator of students' mathematical critical thinking ability, the percentage of mastery of the best indicator of mathematical critical thinking ability is indicator 3, namely the skill of recognizing and solving problems, which is 85.19%, while the lowest percentage of mastery is indicator 5, namely the skill of concluding Based on the results of this study, it can be concluded that the TGT type cooperative learning model can improve the mathematical critical thinking ability of students in class VIII-2 SMPN 1 Sosa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, Amelia, dkk. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Di Kelas IV SDN 0204 Pembangunan Kabupaten Padang Lawas. Jurnal of Basic Education Studies. Volume 5, no. 1, hal. 407-417.

Azizaturrohmi, dkk. 2021. Pengaruh model CIRC terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik interaktif Kelas II SDN Persak TA. 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai.Volume 5, no. 2, hal 231-239.

Badiah, dkk. 2022. Analisis Ketuntasana Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia Melalui Pembelajaran Blended Learnig Di Kelas XI MIPA SMAN 2 Tambang. Jurnal Of Chemical Education. Volume 11, no. 3, hal. 186-194.

Bustami, dkk. 2022. Model Pembelajaran TGT: Studi Meta-Analisis Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sains. Jurnal BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. Volume.7, no.1.hal.1-12.

Denni W dan Hasibuan, SA. 2024. Upaya Meningkatkan kemampua berpikir kriits siswa Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM di Kelas X AKL SMK S Al-Fajar Sibuhuan. Jurnal JISED. Volume 2, no. 2, hal. 40-45.

Hasibuan, SA, dkk. 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X MAN 1 Padang Lawas. Jurnal Jejak pembelajaran. Volume 8, no. 11, hal. 193-215.

Koto, M. J., & Priyanda, R. 2021. Analisis Kemampuan Critical Thinking Matematis Siswa dalam Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis Virtual Di SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan. Volume 2, no. 1, hal. 159–164.

Lestari, A. C., dan Annizar, A. M. 2020. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah. Volume VIII, no. 1, hal. 46-55.

Nurbaiti, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Konsep Gamifikasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 6, no. 1, hal. 1-13.

Safia, dkk. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model TGT Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. Volume 3, no. 1, hal. 28-35.

Saidah, dkk. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Video Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kepulauan Sula. Jurnal Bioedukasi. Volume 5, no. 2, hal. 115-123.

Vedriati,T dan Wardani, KW. 2023. Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Secang 1. Jurnal Didaktik. Volume 9, no.5, hal. 397-405

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-11

Cara Mengutip

Azhari Hasibuan, S., Hamida Hasibuan, N. ., & Canra Pulungan, A. . (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa. Journal of Information System and Education Development, 3(3), 44–49. https://doi.org/10.62386/jised.v3i3.155