Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya di Indonesia

Authors

  • Edi Syahputra Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.104

Keywords:

Guru, Siswa, Pembelajaran Abad 21, Literasi ICT

Abstract

Belajar merupakan sesuatu yang hakiki dan merupakan kebutuhan mendasar setiap orang. Banyak teori yang sudah dan sedang berkembang saat ini yang menjelaskan hakikat belajar. Salah seorang diantaranya  adalah yang pada intinya menyatakan  bahwa  belajar  merupakan  proses perubahan dalam pikiran dan karakter intelektual setiap orang. Proses perubahan dalam pikiran dan perubahan karakter ini merupakan indikator utama seseorang telah melakukan proses belajar. Pembelajaran merupakan proses memfasilitasi agar individu dapat belajar.  Sedangkan menyatakan  bahwa  pembelajaran  secara  sederhana  dapat  diartikan  sebagai  sebuah  usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual seseorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri Jurnal ini bertujuan menguraikan pentingnya merubah paradikma pembelajaran pada abad 21. Pembelajaran di abad 21 harus dapat mempersiapkan generasi manusia Indonesia menyongsong kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Implikasi pada pembelajaran  di  sekolah-sekolah  di  Indonesia  mengharuskan  semua  stageholder  pendidikan harus menguasai ICT literacy skill. Guru, siswa, bahkan orangtua siswa harus melek teknologi dan  media  komunikasi,  dapat  melakukan  komunikasi  yang  efektif,  berpikir  kritis,  dapat memecahkan  masalah  dan  bisa  berkolaborasi.  Model  pembelajaran  akan  bergeser  secara signifikan  kearah  penerapan teknologi  digital.  Literacy  ICT  di  sekolah-sekolah  di  Indonesia harus  ditingkatkan  secara  merata  sehingga  gap  antara  sekolah  di  pedesaan  dan  perkotaan semakin  sempit.  Ini  semua  menghendaki  kerja  keras  dan  kerja  cerdas  semua  stageholder pendidikan di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Syahputra, E. (2024). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya di Indonesia. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 10–13. https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.104