Peran Guru BK Dalam Memperkuat Ego Strength Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Bukittinggi

Authors

  • Fatma Ayuni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Budi Santosa Universital Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.121

Keywords:

Guru Bimbingan dan Konseling, Ego Strength, Kepribadian Manusia, Kebutuhan Hidup

Abstract

Ego merupakan bagian dari kepribadian seseorang. Sigmund Freud menyatakan bahwa kepribadian manusia terdiri dari tiga komponen
utama yaitu id, ego dan super ego. Ego merupakan bagian dari identitas yang dibangun oleh individu itu sendiri. Pada dasarnya ego
tidak selalu bersifat negatif. Yang dimaksud dengan kekuatan ego adalah kualitas bawaan yang mendatangkan berbagai bentuk energi
dan vibrasi kepada seseorang selama hidup, yang mencerminkan berkembangnya jiwa komitmen yang kokoh terhadap cita-cita,
keyakinan, orang lain yang berarti dan masyarakat luas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena fokus
penelitian ini terkait dengan gejala dan kemungkinan menemukan, mengetahui, memahami gejala sosial yang diteliti. Informan dalam
penelitian ini berjumlah 5 orang yang meliputi guru BK, koordinator guru BK, dan siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan melalui wawancara diperoleh bahwa peran guru BK dalam meningkatkan kekuatan ego siswa di SMAN 5 Bukittinggi sudah
dioptimalkan dengan sebaik-baiknya dengan mengupayakan kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang dibuktikan dengan hasil
wawancara dimana guru BK membantu siswa dalam memecahkan masalahnya, melatih siswa dalam mengemukakan pendapat dan
mendorong siswa agar berani dalam mengambil keputusan, guru BK juga melatih siswa agar dengan sukarela belajar meminta maaf
atau memaafkan orang lain dengan baik, dan mendorong siswa agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik, serta
memberikan layanan bimbingan dan konseling yang mendukung peningkatan kekuatan ego siswa secara terus menerus di sekolah.
Guru BK juga bekerja sama dengan pihak sekolah lainnya seperti guru mata pelajaran, wali kelas atau staf lainnya

Downloads

Published

2025-03-18

How to Cite

Ayuni, F., & Santosa, B. . (2025). Peran Guru BK Dalam Memperkuat Ego Strength Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Bukittinggi. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.121