Peranan Orangtua dalam Memotivasi Belajar Siswa di MTsN Padangpanjang

Authors

  • Fikratul Husna Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Dodi Pasila Putra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Hidayani Syam Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Sri Hartati Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.62

Keywords:

Role, Parent, Student Motivation

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh fenomena dari hasil pengamatan ditemukan bahwa siswa malas buat tugas, kurangnya perhatian orang tua karena orang tua lebih membiayai sekolah tapi tidak pernah belajar siswa maupun tugas yang diberikan oleh guru di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Peranan Orang Tua dalam Memotivasi belajar Siswa dengan mengetahui hasil belajar di MTsN Padang Panjang, Peranan Orang Tua dalam Memotivasi belajar Siswa dengan pemberian hadiah dan hukuman di MTsN Padang Panjang, Peranan Orang Tua dalam Memotivasi belajar Siswa dengan menyediakan alat dan fasilitas belajar di MTsN Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penulisan ini penulis memperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penulisan ini menggunakan yakni informan kunci guru Orang tua, dan informan pendukung adalah siswa. Teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber

Kata Kunci : Peranan,  Orangtua, Motivasi Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Husna, F., Pasila Putra, D., Syam, H., & Hartati, S. (2024). Peranan Orangtua dalam Memotivasi Belajar Siswa di MTsN Padangpanjang. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 56–60. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.62