Evaluasi Program Tahfizd Pada Taman Pendidikan Al Qur’an Excellent Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.106Kata Kunci:
Pembelajaran Al-qur’an, Tahfidz, Evaluasi, Penilaian, BTQAbstrak
Islam menjadikan Al-Qur'an sebagai kitab suci bagi umatnya. Al-Qur’an adalah kalamullah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril yang bernilai mukjizat serta dipercaya oleh umat Islam sebagai pedoman hidup bagi umat Islam di seluruh dunia yang mencakup semua hal, tak terkecuali dalam hal pendidikan. Banyak sekolah yang memberikan Pendidikan Al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan mutu siswa dalam bidang keagamaan. Salah satu sekolah yang memberlakukan program pembelajaran al-Qur’an adalah Sekolah Dasar Islam Excelient Bukittinggi, yakni Baca Tulis al-Qur’an (BTQ) dan tahfidz (hafalan). Sebagaimana program-program pendidikan yang lain, Program Tahfidz dan BTQ juga harus di Evaluasi dan di Supervisi. Evaluasi ini dimaksudkan untuk melihat keterlaksanaa dan ketercapaian program,efektivitas dan efisiensinya, menemukan faktor faktor pendukung dan penghambat program,serta menemukan langkah langkah supervisi sebagai program pembinaan yang komprehensif. Dari evaluasi yang penulis lakukan dapat didimpulkan beberapa hal. Pertama, Keterlaksanaan program yang mencakup pemenuhan standar isi, standar proses, standar tenaga pendidik, standar sarana prasarana pembelajaran, sarana penilaian, dukungan internal dan eksternal masih berada pada level yang rendah, sehingga berimbah pada tingkat ketercapaian yang rendah pula. Kedua, pembelajaran yang selama ini belum efektif dan efisien. Ketiga, langkah langkah yang diambil sebagian dari supervisi adalah dengan mengubah mindset siswa dan guru, memberikan bimbingan pada siswa dan guru secara rutin
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ranti Melva Risa

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.














