Sistematik Literatur Review : Intelegent System Didunia Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.113Keywords:
Artificial Intelligence, Pendidikan, Personalisasi Pembelajaran, Sistem Cerdas, Systematic Literature ReviewAbstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu inovasi yang tengah berkembang pesat adalah penerapan sistem cerdas atau intelligent systems. Di dunia pendidikan, penerapan sistem cerdas tidak hanya terbatas pada penggunaan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, tetapi juga mencakup pengelolaan administrasi, evaluasi hasil belajar, serta pengembangan kurikulum yang lebih responsif terhadap kebutuhan dan perkembangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode systematic literatur review. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, dan peran Artificial Intelligence (AI) dalam dunia pendidikan melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan memberikan manfaat berupa personalisasi pembelajaran, otomatisasi tugas administratif, dan dukungan pembelajaran mandiri. AI juga meningkatkan aksesibilitas dan interaktivitas dalam pendidikan. Namun, implementasinya menghadapi tantangan seperti ketergantungan teknologi, risiko privasi data, dan kesenjangan akses. AI melengkapi, bukan menggantikan, peran guru yang tetap penting dalam membangun hubungan emosional dan membimbing siswa secara etis. Kolaborasi antara AI dan guru dapat meningkatkan kualitas pendidikan.penerapan AI di bidang pendidikan membutuhkan pendekatan yang bijaksana dan sinergi antara teknologi dan guru untuk memastikan pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan berkelanjutan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Resnawita Resnawita, Deti Karmanita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.














