Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri
Kata Kunci:
evaluasi, program budaya membaca, literasi, Model CIPPAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi program literasi dalam program budaya membaca di Sekolah Dasar Negeri 47 Payakumbuh. Evaluasi menggunakan CIPP. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan deskripsi, reduksi, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, peserta didik di Sekolah Dasar 47 Payakumbuh membutuhkan program budaya membaca ini. Dalam aspek input program ini telah menjawab kebutuhan peserta didik dengan dukungan sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, jadwal dan mekanisme kerja yang memadaiTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi program literasi dalam program budaya membaca di Sekolah Dasar Negeri 47 Payakumbuh. Evaluasi menggunakan CIPP. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan deskripsi, reduksi, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, peserta didik di Sekolah Dasar 47 Payakumbuh membutuhkan program budaya membaca ini. Dalam aspek input program ini telah menjawab kebutuhan peserta didik dengan dukungan sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, jadwal dan mekanisme kerja yang memadai.














