Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri

Penulis

  • Evinna Noreza Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhammad Zahiri Awang Mat Kolej Universiti Perguruan Ugama Bandar Sribegawan

Kata Kunci:

evaluasi, program budaya membaca, literasi, Model CIPP

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi program literasi dalam program budaya membaca di Sekolah Dasar Negeri 47 Payakumbuh. Evaluasi menggunakan CIPP. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan deskripsi, reduksi, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, peserta didik di Sekolah Dasar 47 Payakumbuh membutuhkan program budaya membaca ini. Dalam aspek input program ini telah menjawab kebutuhan peserta didik dengan dukungan sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, jadwal dan mekanisme kerja yang memadaiTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi program literasi dalam program budaya membaca di Sekolah Dasar Negeri 47 Payakumbuh. Evaluasi menggunakan CIPP. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan deskripsi, reduksi, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, peserta didik di Sekolah Dasar 47 Payakumbuh membutuhkan program budaya membaca ini. Dalam aspek input program ini telah menjawab kebutuhan peserta didik dengan dukungan sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, jadwal dan mekanisme kerja yang memadai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-29

Cara Mengutip

Noreza, E., & Muhammad Zahiri Awang Mat. (2023). Evaluasi Program Budaya Membaca di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Information System and Education Development, 1(1), 17–22. Diambil dari http://journal.mwsfoundation.or.id/index.php/jised/article/view/4