Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Problem Based Learning Kelas VII, MTS Nurul Ikhlas Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.62386/jised.v2i3.107Keywords:
Problem Base Learning, Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil BelajarAbstract
Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam mencerdaskan kehidupan anak didik. Pribadi susila yang cakap adalah yang diharapkan ada pada diri setiap anak didik Guru merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pelaksanaan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada materi perubahan sifat benda, menggunakan pendekatan problem based learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa di kelas VII MTS Nurul Ikhlas Pasaman Barat, di mana hanya 50% siswa yang menguasai materi IPA. Penelitian tindakan ini meliputi beberapa tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi dan evaluasi. Pada tahap awal, siswa diberikan pretest untuk mengetahui pemahaman dasar mereka. Hasil pretest menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep perubahan sifat benda. Setelah pelaksanaan metode PBL, siswa diberikan posttest yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman mereka. Observasi juga dilakukan untuk memantau keterlibatan dan kreativitas siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa terhadap materi perubahan sifat benda secara signifikan, serta mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan PBL efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nuralimah Nurhalimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.














