Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM di Kelas X AKL SMK S Al-Fajar Sibuhuan

Authors

  • Sundut Azhari Hasibuan STKIP Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia
  • Denni Wardani STKIP Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v2i2.74

Keywords:

Students' Critical Thinking Abilit, PAIKEM, Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PAIKEM yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X AKL SMK S Al-Fajar Sibuhuan pada materi matriks. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Paikem di kelas X Akl SMKS Al-Fajar Sibuhuan pada materi matriks. Perencanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran paikem untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dilakukan sebanyak 2 siklus, dilalui dalam 4 tahap dalam masing-masing siklus yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran paikem dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas X AKL SMK S Al-Fajar sibuhuan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan yang hanya mencapai 35%, lalu meningkat pada siklus I menjadi 70%, dan meningkat lebih signifikan pada siklus II menjadi 85%. Sehingga peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari obsevasi awal sampai siklus II sebesar 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Hasibuan, S. A., & Wardani, D. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM di Kelas X AKL SMK S Al-Fajar Sibuhuan . Journal of Information System and Education Development, 2(2), 40–45. https://doi.org/10.62386/jised.v2i2.74