Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKJ SMK S Al-Fajar Sibuhuan

Authors

  • Rizky Rahmadani Hasibuan STKIP Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia
  • Ali Canra Pulungan STKIP Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia
  • Sundut Azhari Hasibuan STKIP Padang Lawas, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62386/jised.v2i2.77

Keywords:

Model Pembelajaran, Peer Lessons, Pemecahan Masalah, Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran peer lessons dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X TKJ SMK Al-fajar Sibuhuan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Proses penelitian ini dalaksanakan dalam dua siklus yang sebelumnya sudah dilaksanakan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi tahapan yaitu : 1) Perencanaan, 2) Tindakan dan Observasi, 3) Refleksi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terlihat adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran peer lessons, hal ini terlihat dari hasil persentase ketuntasan siswa dari observasi awal sampai siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada siklus I lebih besar dari observasi awal yaitu 55,56% - 23,34% = 32,22%, kemudian persentase ketuntasan siswa pada siklus II lebih besar dari siklus I yaitu 81,49% - 55,56% = 25,93%, sedangkan persentase ketuntasan siswa pada siklus II lebih besar dari Persentase ketuntasan siswa pada observasi awal yaitu 81,49% - 23,34% = 58,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran peer lessons dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Hasibuan, R. R., Pulungan, A. C., & Hasibuan, S. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Peer Lessons dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X TKJ SMK S Al-Fajar Sibuhuan. Journal of Information System and Education Development, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.62386/jised.v2i2.77